Latest News

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Orang tua baru yang memiliki bayi usia 6 bulan harus mempunyai pengetahuan yang luas mengenai perkembangan bayi. Hal tersebut dikarenakan masa bayi berusia 6 bulan adalah awal penyesuaian kepada lingkungannya sehingga peran orang tua sangat penting untuk memperhatikan perkembangan bayi. Tahap perkembangan bayi usia 6 bulan diantaranya bayi belajar memaksimalkan fungsi jarinya dengan baik sehingga bayi akan memaksimalkannya dengan menggerakkan tangan untuk mengidentifikasi lingkungannya dengan kedua tangan dan jari dengan cara memegang benda-benda yang dilihat di sekelilingnya.

Perkembangan bayi usia 6 bulan bisa dilihat ketika dia mulai belajar merangkak. Perkembangan bayi 6 bulan diawali dengan kemampuan bayi mencoba menggeser badannya saat tengkurap. Apabila perkembangan bayi tergolong cepat, maka tidak mengherankan jika bayi mulai belajar untuk merangkak. Untuk mendorong kemampuannya maka sebaiknya orang tua tidak terus menerus menggendong bayi atau duduk di stroller. Sebaiknya berikan waktu cukup lama kepada bayi untuk berada di lantai dengan alas yang empuk. 

gambar perkembangan bayi usia 6 bulan

Ketika bayi tengkurap, biarkan bayi mengangkat tubuhnya menggunakan bantuan topangan kaki dan kedua tangannya dan pastikan posisi siku-siku bayi menempel pada lantai. Perkembangan bayi 6 bulan lainnya yakni berguling. Saat bayi berada di posisi tidur namun tidak tidur, biasanya bayi akan berguling. Ketika menggulingkan badannya, terkadang bayi tidak bisa membalikkan badannya ke dalam posisi terlentang sehingga posisinya tengkurap apabila tidak dibantu oleh orang tuannya. 

Bayi usia 6 bulan akan merengek apabila merasa kelelahan karena bayi tidak dapat membalikkan badannya.  Ketika posisi tengkurap sebagian bayi menggeser badannya maju atau mundur dengan bantuan lantai. Perkembangan bayi 6 bulan ketika tahap berguling berbeda-beda, ada yang langsung bisa, ada lagi yang bahkan membutuhkan bantuan orang dewasa. Bayi usia 6 bulan juga mulai mengolah kemampuan bahasa dan komunikasi. 
baca juga : perkembangan bayi usia 3 bulan
Pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat tersenyum, mengoceh dan tertawa. Bayi mulai dapat mengucapkan kata-kata seperti mama, dada dan papa. Apabila dia merasa senang sekali, maka dia akan berteriak keras. Bayi juga sudah dapat mengenal benda dan orang-orang di sekitarnya. Bayi akan merasa nyaman apabila berada dekat dengan orang yang dikenalinya. Apabila dia ingin digendong maka ia akan memberi tanda dengan cara mengangkat kedua tangan dihadapan orang yang akan menggendognya. 

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan bayi 6 bulan yaitu bayi masih belajar mengenal lingkungannya dengan menggunakan inderanya. Dia akan mengeksplorasi semua keadaan lingkungan dengan baik yang merupakan hal baru untuk bayi. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting, sehingga orang tua harus memfasilitasi dengan baik perkembangan bayi usia 6 bulan dengan menyiapkan mainan untuk bayi yang disesuaikan dengan tahap perkembangannya.