Latest News

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Untuk Ibu Pemula

Bagi seorang ibu yang baru melahirkan anak pertama, pengalaman memandikan bayi sendiri sangatlah mengesankan. Disinilah ibu belajar bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir. Pentingnya memandikan bayi sendiri tanpa bantuan orang lain adalah karena terkadang tidak setiap saat ada orang yang bisa dimanta bantuannya untuk memandikan bayi. Kalau bukan ibunya sendiri, ya siapa lagi? Memang, bisa saja meminta bantuan babysitter, tapi tetap saja beda kasih sayang nya dibandingkan ketika sang anak dimandikan sendiri oleh ibu kandungnya.

Memandikan bayi merupakan aktivitas penting yang wajib dilakukan secara benar oleh para orang tua. Memandikan bayi bertujuan untuk membersihkan badan bayi dari kotoran yang menempel sehingga bayi akan segar dan terbebas dari bakteri. Ketika memandikan bayi harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak melukai bayi, karena kondisi bayi masih sangat lemah.
baca juga : inspirasi kado untuk bayi baru lahir

Tips – Cara Memandikan Bayi baru Lahir.

gambar cara memandikan bayi baru lahir

Cara memandikan bayi yang usianya seminggu yaitu menggunakan kain atau spons yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Basuh tangan bayi dan wajah, serta bersihkan area alat kelamin dan bokong.

Apabila tali pusar bayi sudah kering, terlepas dan bekas luka sudah sembuh total, maka Anda bisa memandikannya di wadah yang besar atau sesuai dengan ukuran bayi, meskipun bayi belum dapat terlalu banyak bergerak. Ingat! jangan pernah meninggalkan bayi dan Anda harus memastikan kran air dalam kondisi yang tertutup.

Ketika memandikan bayi yang baru lahir, gunakanlah satu lengan dan tangan untuk menopang kepala bayi dan tubuhnya. Selanjutnya tangan yang lain digunakan untuk menyangga tubuh dibagian bawah dan menempatkannya ke air dari kakinya terlebih dahulu. Anda harus memastikan bahwa satu tangan menyangga kokoh bagian punggung bayi dan kepala ketika tangan Anda digunakan untuk membersihkan tubuh yang lain. Jagalah posisi kepala bayi supaya tetap berada diatas permukaan air, karena jika tidak bayi akan tenggelam dan berbahaya untuk keselamatan bayi. 

Cara memandikan seputar alat kelamin bayi laki-laki yaitu bersihkan kotoran yang terdapat di kulup secara lembut dan perlahan, dorong perlahan kulit penis ke pakaiannya dan sekalah kotoran yang keluar dengan kasa yang basah. Selanjutnya untuk memandikan bayi perempuan yaitu membersihkan di daerah kemaluan, membersihkannya harus dari depan ke belakang, demikian juga dengan selangkangannya. 
baca juga : perawatan penyakit kuning pada bayi
Karena kulit bayi masih tipis dan sensitif, Anda harus membersihkannya dengan perlahan dan lembut agar kulit bayi tidak lecet dan bayi tidak kesakitan. Angkat bayi secara perlahan-lahan dan dekatkan ke dada. Segeralah letakkan bayi diatas perlak yang sudah diberi handuk. Kemudian keringkan setiap bagian tubuh dengan perlahan-lahan dan lembut. 

Ketika tubuh bayi sudah kering, Anda dapat memijat tubuh bayi dengan minyak bayi dan mulailah ajak bicara bayi supaya bayi dalam keadaan yang rileks. Setelah itu minyak bayi diseka dengan handuk kering, barulah Anda bisa memakaikan popok dan pakaian bersih pada bayi yang baru lahir.