Latest News

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Disediakan


Daftar perlengkapan bayi baru lahir - Masa kehamilan trimester ketiga memang yang paling berat, hal ini dikarenakan ibu harus menyiapkan proses kelahiran sekaligus menyiapkan perlengkapan bayi yang akan lahir. Kebanyakan para ibu muda merasa kebingungan dengan perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Menyiapkan perlengkapan bayi sangat mengasyikkan. Apalagi, bila kita sudah mengetahui jenis kelamin bayi yang akan kita lahirkan. Hal tersebut dapat memudahkan kita untuk barang-barang yang diperlukan untuk bayi itu sendiri.

Barang- barang perlengkapan bayi biasanya lucu-lucu, sehingga membuat kita lapar mata untuk membelinya ketika kita belanja. Terkadang semua barang bayi dibeli untuk persediaan bayi baru lahir. Tahukah ibu, sebenarnya keperluan bayi yang baru lahir ini tidak terlalu banyak. Supaya tidak ada barang yang terlupakan, mari kita buat barang- barabg apa saja yang harus kita beli. Sebagai panduan bagi para ibu yang akan melahirkan, berikut ini 5 daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib disediakan:

Daftar perlengkapan bayi baru lahir

gambar perlengkapan bayi baru lahir
1.    Pakaian bayi
Tidak semua baju bayi yang ada di toko harus dibeli semua beberapa pakaian yang perlu disiapkan untuk bayi baru lahir adalah atasan yang berlengan pendek, atasan dengan lengan panjang, baju setelan lengan panjang dan pendek, kaos tangan bayi, kaos kaki bayi, topi bayi, dan celana yang tertutup sampai bawah. Anda juga jangan melupakan untuk membeli popok bayi dan jaket bayi. Perhatikan juga model baju dan bahannya, pilihlah bahan yang nyaman dan tidak panas ketika digunakan oleh bayi anda, hindari juga jahitan baju yang menembus ke dalam Karena dapat membuat kulit bayi terasa gatal saat di pakai oleh bayi sehingga menyebabkan bayi tidak nyaman saat memakai pakaian tersebut.

2.    Perlengkapan untuk mandi
Perlengkapan untuk mandi bagi bayi yang baru lahir adalah perlengkapan wajib yang harus disediakan. Jenis perlengkapan ini tidak hanya untuk bayi yang baru saja lahir saja tapi juga akan digunakan sampai bayi sudah memasuki umur 14 bulanan. Perlengkapan mandi yang perlu disediakan diantaranya yaitu bak mandi, sabun mandi bayi, bedak bayi, sampo bayi, tisu basah, kapas, dan handuk yang nyaman untuk bayi, baby oil dan body lotion bayi, krim diaper minyak telon/ minyak kayu putih dan jangan lupa mainan bayi agar pada saat anda memandikan bayi mereka merasa senang.

3.    Perlengkapan tidur
Ibu juga perlu untuk menyiapkan perlengkapan tidur bayi. Walaupun bayi bisa tidur bersama dengan orang tuanya tapi lebih baik dilengkapi dengan perlengkapan tidur bayi. Adapun perlengkapan tidur bayi diantaranya yaitu kasur kecil dan bantal kecil, selimut bayi, perlak kecil dan besar, dan alas tidur bayi berupa kain dan jang lupa anda untuk memebeli kelambu untuk bayi anda, agar bayi anda terhindar dari gigitan nyamuk.

4.    Perlengkapan bepergian
Perlengkapan untuk bepergian juga sangat perlu disiapkan, apalagi untuk orang tua yang suka bepergian. Jenis perlengkapan bepergian yang harus disiapkan yaitu tas bayi dengan ukuran sedang serta gendongan bayi yang berbentuk silang. Dalam memilih tas untuk bepergian usahakan pilih yang ukurannya sedang dan cukup untuk digunakan menyimpan segala perlengkapan bayi.
baca juga : tips memilih susu formula untuk bayi
5.    Perlengkapan kesehatan
Perlengkapan terakhir yang harus disiapkan untuk bayi yang baru lahir adalah perlengkapan kesehatan. Adapun perlengkapan kesehatan yang diperlukan diantaranya yaitu kain kasa, termometer, betadin, dan revanol. Semua alat kesehatan ini sangat dibutuhkan untuk bayi yang baru saja lahir. 

Kelima perlengkapan diatas harus dilengkapi pada saat bayi akan lahir. Tidak disarankan untuk membeli perlengkapan bayi dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bayi sangatlah pesat, sehingga jika perlengkapan bayi baru lahir dibeli dalam jumlah yang banyak dikhawatirkan akan tidak terpakai. Oleh sebab itu, sebagai orang tua yang bijak sebaiknya beli perlengkapan bayi secukupnya saja. Jika bayi sudah mulai tumbuh maka mulailah untuk membelikan perlengkapan bayi yang baru.