Latest News

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Setiap orang tentu ingin memiliki keturunan, kehadiran bayi dalam rumah tangga adalah sebuah anugerah yang terindah. Pada bulan-bulan awal, kehadiran bayi setelah kelahirannya sangatlah berarti. Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan tumbuh kembang si kecil dari sejak lahir hingga tumbuh dewasa. Perkembangan bayi usia 3 bulan juga sangat penting untuk diperhatikan. Bayi 3 bulan sudah mulai mengamati benda dan hal-hal di sekelilingnya. Bayi tersebut sudah mulai ingin menyentuh dan juga memainkan benda-benda tersebut. 

Perkembangan bayi berusia 3 bulan dapat dikatakan sangat cepat karena bayi mulai banyak bergerak. Gerak bayi sebagian besar adalah gerak refleks akibat kebiasaan mengenggamnya yang sudah mulai hilang. Bayi 3 bulan mulai dapat menyentuh benda-benda disekitarnya menggunakan jari-jarinya, juga sudah dapat memandang dan melambaikan tangannya walau kurang terarah. Karena perkembangannya tersebut, bayi 3 bulan perlu diawasi lebih ketat lagi. Jangan biarkan bayi Anda memasukkan jari-jarinya atau benda lain ke mulutnya.

gambar perkembangan bayi usia 3 bulan

Jika dibiarkan begitu saja, bayi Anda akan memiliki kebiasaan memasukkan jari atau mainannya ke dalam mulutnya. Sementara Anda tentunya sudah tahu bahwa kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan. Jari-jari tangan dan mainan bisa saja terdapat kuman atau virus yang berbahaya bagi kesehatan bayi Anda. Untuk itu sebelum menjadi kebiasaan, sebaiknya awasi bayi Anda agar tidak sering memasukkan jari-jari atau mainannya ke dalam mulutnya. Pada fase tersebut, sebaiknya sediakan mainan yang aman yaitu yang terbuat dari karet atau kayu namun berujung tumpul.

Jangan beri bayi Anda yang baru berusia 3 bulan berupa mainan yang memiliki ujung runcing atau terbuat dari benda yang mudah pecah. Jangan pula memberinya mainan yang menggunakan cat atau pewarna. Berilah mainan yang dapat menghasilkan suara, bayi usia 3 bulan sudah mulai mendengarkan suara di sekitarnya. Selain suaranya sendiri, bayi 3 bulan akan mulai melatih telinganya dengan berbagai suara yang ada di sekitarnya. Mainan tersebut dapat Anda letakkan di atas tempat tidurnya. Anda juga dapat memutar lagu-lagu dengan suara lembut untuk si kecil supaya merangsang otaknya.
baca juga : inspirasi kado untuk bayi yang baru lahir
Perkembangan setiap bayi memang dapat berbeda-beda, namun umumnya bayi berusia 3 bulan sudah mulai menggumam. Bayi 3 bulan akan mulai bersuara seperti B, P dan juga M atau bahkan menyebut mama atau papa. Walau suara yang keluar tidak jelas, akan jauh lebih baik jika Anda tetap mengajaknya berbicara. Ajaklah berkomunikasi terus-menerus agar bayi juga tertarik untuk belajar suara lain. Bayi 3 bulan juga mulai menggerakkan tangannya dan mengekspresikan wajahnya sesuai dengan moodnya. Bayi usia 3 bulan juga mulai menendang kakinya dan berusaha meraih apa saja yang disodorkan padanya.

Demikianlah informasi pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 3 bulan. Semoga dapat bermanfaat.