Latest News

Bagaimana Melakukan Perawatan Penyakit Kuning Pada Bayi

Penyakit kuning dapat menyerang bayi yang baru lahir. Ciri-ciri bayi kuning antara lain bagian kulit dan bagian putih matanya berwarna kuning. Pada kondisi ini, tidak berbahaya dan bisa pulih dengan sendiri beberapa Minggu kemudian. Meskipun, kondisi tersebut tidak membahayakan bayi namun sebagai orang tua harus memahami perbedaan ciri-cirinya. Ciri-ciri lain penyakit kuning pada bayi yang baru lahir yaitu urine bayi berwarna kuning pekat, padahal seharusnya air seni bayi tidak berwarna atau bening. Selanjutnya tinja bayi warnanya pucat dan telapak tangan/ kakinya menguning.

Penyebab penyakit kuning pada bayi adalah kelebihan bilirubin. Bilirubin adalah zat yang dapat menyebabkan warna kuning menyebar ke sebagian atau seluruh anggota tubuh bayi. Zat tersebut adalah suatu limbah yang muncul karena aktivitas pemecahan sel darah merah dalam tubuh bayi. Pada dasarnya, organ yang berfungsi untuk menyaring zat tersebut adalah hati. Namun, hati bayi belum berguna secara sempurna saat bayi dilahirkan. Apalagi seorang bayi yang dilahirkan secara prematur mempunyai resiko yang tinggi untuk terkena penyakit kuning. 

gambar penyakit kuning pada bayi

Hal tersebut disebabkan karena hatinya belum terbentuk dan berfungsi secara optimal. Adapun cara mengatasi penyakit kuning pada bayi yang baru lahir yang pertama yaitu dengan selalu atau rutin memberikan asupan ASI. Sebaiknya, sesering mungkin memberikan ASI kepada bayi setiap 2 jam sekali. Cara tersebut adalah cara paling efektif untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Hal tersebut disebabkan kolostrum yang terkandung dalam ASI ketika 48 jam pertama mempunyai efek laksatif alamiah yang gunanya untuk mentransfer meconium di dalam perut yang mengandung zat bilirubin. Zat bilirubin tersebut akan ditransfer supaya terserap ke dalam darah kembali. 

Cara yang kedua yaitu menjemur bayi di pagi hari. Sebaiknya menjemur bayi ketika pukul 8 hingga 9 pagi. Selain dapat memperkuat tulang, sinar matahari pagi dapat menurunkan tingkat bilirubin. Apabila Anda ragu-ragu untuk mengobatinya sendiri, cara mengobati penyakit kuning pada bayi yang baru lahir secara efektif adalah dengan membawanya ke dokter. 

Apabila penyakit kuning pada bayi terjadi ketika hari pertama dia dilahirkan, maka bayi tersebut mempunyai masalah pada bagian darah dan harus melakukan perawatan yang intensif. Karena jika tingkat zat bilirubin sangat tinggi, bayi bisa mengalami kerusakan fatal pada bagian otaknya.
baca juga : posisi dan pergerakan bayi dalam kandungan
Ketika bayi yang baru lahir terkena penyakit kuning, Anda harus lebih ekstra memperhatikan dan merawatnya. Sebaiknya cek selalu bagian kulit dua kali sehari dan bagian putih bola mata apakah sudah sembuh atau bahkan bertambah parah. Meskipun penyakit kuning pada bayi termasuk penyakit yang wajar, namun orang tua tidak boleh menyepelekannya agar kondisi bayi tetap sehat.